Dewa Blog

Blog Mahasiswa Arsitektur & Nyasar Jurusan

Latar Belakang Kota Batu , Malang


wah, lama juga yah g ngeblog. .
kali ini bukan karena sibuk tugas atau apa, tapi ini karena pengaruh liburan.
cukup dulu ya. .

Kali ini saya hanya menulis tentang latar belakang Kota Batu, Malang

Kota Batu merupakan salah satu bagian dari wilayah Jawa Timur yang secara Geografis Kota Batu terletak pada posisi antara : – 7,44 deg 55,11" s/d 8,26 deg 35,45" Lintang Selatan – 122,17deg 10,90" s/d 122,57deg 00,00" Bujur Timur.

Kota dengan Luas 202,800 Km2 atau sama dengan 20,280 ha ini, berbatasan dengan :

  • Sebelah Selatan : Kecamatan Dau dan Kecamatan Wagir,
  • Sebelah Barat : Kecamatan Pujon,
  • Sebelah Timur : Kecamatan Karang ploso dan Kecamatan Dau
  • Sebelah Utara : Kabupaten Mojokerto dan Kecamatan Prigen

Wilayah Kota Batu merupakan bagian penting dari hulu daerah aliran sungai (DAS) Brantas, karena merupakan daerah penyangga yang memiliki kondisi sangat rentan terhadap erosi dan longsor. Sebagai daerah tangkapan hujan, Kawasan Kota Batu merupakan daerah “inputan” air tanah yang sumber-sumber airnya banyak dimanfaatkan sebagai air baku untuk berbagai keperluan. Sebagain debit air dimanfaatkan untuk irigasi di lahan sekitarnya, dan lainnya untuk “suplay” air PDAM Kota Batu dan Kota Malang.

Sebagai lahan budidaya pertanian, kota batu memiliki lereng berbukit dan tanah yang subur, serta iklim yang kondusif untuk budiadaya tanaman tahunan pengahasil buah dan tanaman semusim penghasil sayur. Dinamika pasar dan produktivitas pertanian mengkondisikan tanaman semusim sebagai primadona, kondisi ini semakin membudaya yang makin menjauhkan perilaku masyarakat (terutama petani) dari kaidah-kaidah konservasi.

Kota Batu merupakan salah satu daerah yang dikelilingi oleh Pengunungan yang ada di wilayah Jawa Timur, yang secara geografis merupakan daerah tropis. Kota Batu memiliki beberapa daerah wisata penggunungan atau wisata alam semisal air panas, air terjun, bumi perkemahan dan lain-lain. Selain itu Kota Batu juga banyak terdapat Wisata Buatan yang hawa pengunungannya tetap terasa. Kota Batu merupakan tujuan utama wisatawan baik manca maupun domestik.

Sekian dulu..

About these ads

10 October 2011 - Posted by | ITN Malang, Sampingan, Uncategorized |

Sorry, the comment form is closed at this time.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: