Yooo.  .
Seperti judul diatas, kali ini saya ingin menuis tentang Tips Dasar Google Docs.

Lanjut  baca ok

Dalam mengolah kata, terdapat 3 software yang cukup tekenal, yaitu: Microsoft Word, OpenOffice, dan Google Docs. Sebagian besar pengguna cenderung lebih sering menggunakan software Microsoft Word dalam melakukan pengolahan katanya, sayangnya software tersebut tidak langsung dapat terhubung ke internet alias offline. Jika ingin menjalin kerja sama tampak sedikit membosankan di bandingkan dengan Google Docs. Kelebihan lainnya dari Google Docs yaitu Anda dapat mengakses dokumen di manapun anda berada selama terhubung ke internet.

Apakah Anda menggunakan Google Docs sebagai software pengolahan kata utama Anda, tempat menyimpan file Anda di cloud, atau hanya seperti sebuah notepad untuk mencari data online anda?
Tips ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari Google Docs.

1. Easy uploading, dapat meng-upload file dengan cepat dari hampir semua format dokumen apapun ke Google Docs. Drag and drop file dari hard drive Anda ke beranda Docs atau Docs home page. Untuk meng-upload seluruh folder (seperti folder My Documents), pergi ke Upload> Folder. Subfolder di dalam folder yang akan ditambahkan juga akan ikut ditambahkan.

2. Better photo inserting, dapat menyisipkan foto dengan mudah ke dalam dokumen Anda dengan cara drag dan drop file gambar dari hard drive Anda ke dokumen yang ada di Google Docs. Jika Anda ingin mengambil foto dari Web, pergi ke Sisipkan> Foto> Google Image Search. Cara ini lebih baik daripada harus mencari terlabih dahulu, mengunduh, lalu re-upload kembali ke google.

3. Use comments, Untuk menuliskan komentar, blok teks yang ingin dikomentari, klik kanan dan pilih “Komentar”. Nama Anda dan komentar tersebut akan muncul di sidebar sebelah kanan, yang nantinya sesama teman bisa saling membalas komentar tersebut seperti yang ada di faebook. Untuk memberikan komentar pada orang tertentu, anda dapat mengetik “@” diikuti dengan nama mereka. Jika ada teks yang ingin dipindahkan maka komentarnya juga akan mengikuti.

4. Back up your files, karena penyimpanan awan (cloud) tidak sepenuhnya dapat dipercaya, maka simpanlah salinan file pada drive Anda. Di beranda Google Docs, arahkan kursor di atas judul dokumen dan pilih Actions> Download> All Items. Pilih jenis file, dan tekan “Download”.

Jika ingin mengetahui berbagai tips lainnya dapat menhubungi Matt K (Google Consumer Operations)

sekian postingan kali ini. .

Advertisements