Salah satu alternatif lingkungan rumah tinggal bagi masyarakat golongan menengah ke atas dewasa ini adalah kawasan Perumahan Real Estate. Faktor yang dijadikan komoditas penjualan perumahan real estate adalah faktor keamanan, misalnya : jaminan keamanan 24 jam, pemakaian CCTV, aksesibilitas “one gate system”, dan sistem sirkulasi “cul de sac”.

Dalam rancangan Gardu Jaga (Pos Satpam) ini, memiliki batasan-batasan rancangan yang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak Pemilik (Dosen), yaitu :

1. Penguni : 4 Orang Satpam (Laki-laki)

2. Fungsionalitas : Ruang Jaga = 6×6 m2

Rg. Istirahat = 3×4 m2

Ruang Ganti = 2×3 m2

KM/WC = 2×2 m2

3. Site Plan

clip_image002[4]

Letak dari Gardu Jaga (Pos Satpam) yang akan Saya rancang, terletak pada lahan dengan kode “D” yang berukuran 9x 12m. Sehingga, view atau arah pandang yang harus saya munculkan ada 2; yaiti Arah Utara ( Depan ) dan Arah Barat ( Samping Kiri ).

Dengan melihat letak dari Gardu jaga saya, maka bisa sedikit disimpulkan bahwa desain yang saya ciptakan memakai sistem sirkulasi “cul de sac”.

 

Sekian dulu pembukaannya. .
di bawah ini merupakan rancangan gardu jaga saya.

 

Pos jaga yang saya rancang ini menggunakan konsep dari pos modern, view yang diciptakan disini menuju ke semua arah jalan agar para tamu maupun pemilik rumah di lingkunan perumahan ini dapat di pantau oleh satpam selama 24 jam. Pencayahaan pada pos ini saya memberikan bukaan yang cukup banyak. Selain mendapat penerangan dari cahaya matahari, kita juga dapat menghemat energi listrik. Saya merancanganya seperti ini karena pada masa sekarang ini orang-orang sudah mulai menciptakan bangunan yang hemat energi. Untuk penghawaan, pos ini memiliki penghawaan yang cukup stabil dikarenakan angin yang berhembus dapat masuk keruangan melalui jendela atau ventilasi yang adapada setiap ruangan, sehingga pos jaga ini dapat terhindar dari udara pengap maupun kelembapan ruangan. Agar Pos jaga ini tidak terkesan tandus, saya memberikan tanaman di sekitar pos jaga.

Denah copy

                                           Denah

 

Akses menuju pos ini ada 2, yaitu dari arah utara dan barat. Maka jika ada orang yang ingin bertanya ke pos satpam ini orang tersebut tidak peru masuk atau keluar perumahan.

Site 1 copy

                                                                  Site Plan

 

Letak atau posisi dari pos jaga ini terletak di bagian depan perumahan. Akses jalan dari arah utara maupun timur dapat selalu di pantau dari dalam. Pada bagian sebelah barat pos jaga ini terdapat taman. Dengan ditempatkannya pos jaga ini di sebelah taman, maka dapat sekalian memantau orang orang yang ada di taman.

Site 3 copy

 

Dalam mendesain pos jaga ini, saya mendapat inspirasi dari design – design rumah minimalis tropis yang ada saat ini. Menurut saya, prinsip dari design minimalis tropis itu memiliki banyak bukaan agar udara segar maupun cahaya yang berasal dari matahari dapat masuk ke dalam bangunan dengan baik.

Tampak bangunan ini didominasi oleh banyak kaca. Selain agar cahaya dapat masuk dengan baik, juga agar para satpam dapat leluasa memantau ke luar. Karena salah satu tampaknya (Tampak Samping Kanan) menghadap ke arah tebitnya matahari, maka saya memberikan pelindung berupa dak beton. Agar tampaknya terlihat seimbang, saya juga memberikan dak beton di bagian tampak depan juga. Di bagian depan, saya memberikan ventilasi yang cukup besar karena angin datangnya dari utara.

Tampak Depan X copy

Tampak Depan

Tampak Kanan X copy

Tampak Samping Kiri

 

Untuk atap, saya membuatnya dengan memakai atap dari beton dan memiliki bentangan overstek yang cukup besar. Saya membuatnya seperti itu karena design – design modern saat ini menggunakan atap dari beton. Selain itu, saya juga menyesuaikan dari bentuk rumah yang ada di perumah ini. Rumah – rumah tersebut juga menggunakan atap dari beton dengan overstek yang cukup panjang.

10981974_1

Contoh Rumah

Pos Cek 1 copy

Perspektif

 

Hal – hal diatas tersebut merupakan konsep saya delam merancang pos jaga ini.

Advertisements