Jaglo Dau terletak di Jl. Raya Sumber Sekar Dau Sengkaling, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Joglo Dau merupakan rumah makan dan galeri yang bangunannya berbentuk seperti rumah joglo. Rumah Joglo sendiri merupakan bangunan arsitektur tradisional Jawa Tengah, rumah joglo mempunyai kerangka bangunan utama yang terdiri dari suko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

DSC01601

Saat saya sampai di depan joglo dau, pertama-tama saya disambut oleh pintu gerbang yang cukup tinggi. Gerbang yang besar tersebut membuat saya seolah-olah diterima untuk masuk walaupun tanpa permisi.

270620111342

Tapi setelah memasuki gerbang suasananya kurang menyenangkan. Hal ini dikarenakan adanya kereta dorong yang biasa di gunakan oleh para pelayan untuk mengantar makanan terletak tepat di depan bangunan.

270620111338

Selain kereta dorong, sapu yang habis digunakan untuk membersihkan halaman juga masih di biarkan di sekitar bangunan.

DSC01599

Padahal jika barang-barang tersebut disimpan atau di tata rapi, maka keindahan dari bangunan joglo tersebut bisa terlihat dengan jelas, walaupun view yang di tunjukan pada sudut ini masih kurang luas. Tapi dengan adanya barang barang antik yang ditampilkan maka hal yang kurang tersebut bisa terkurangi.

270620111343

Saat saya menuju ke arah tempat parkir suasana yang saya rasakan di daerah sebelah kanan dari bangunan joglo ini lumayan sejuk. Selain karena joglo dau ini terletak di daerah Sengkaling Malang yang cukup dingin, di sebelah kanannya juga tidak terdapat penghalang yang bisa meredam hembusan angin. Tidak seperti pada bagian depan bangunan.

270620111366

Gambar di atas merupakan salah satu pintu masuk ke ruang makan rumah joglo. Posisinya ada pada sebelah kanan pandangan dari kita.

270620111337

DSC01592

270620111357

Di dalam bangunan ini selain terdapat maja dan kursi makan, juga terdapat cukup banyak barang unik dan memiliki nilai historis yang dikoleksi oleh pemilik Resto dan gallery Joglo Dau.
Suasana yang ada di rungan ini sangat nyaman. Walaupun tidak ada dinding, tetapi barang-barang antik dan tanaman diatur mengelilingi bangunan untuk mengurangi hembusan angin yang masuk.

270620111362

Selain di bagian utama bangunan, kita juga dapat makan di bangunan sekitarnya. Gambar di atas tersebut merupakan beberapa lesehan yang bisa digunakan untuk menyantap makanan yang dihidangkan.

DSC01633

Di bagian depan salah satu bangunan yang lainnya terdapat taman dan kolam. Jika dilihat sekilas memang cukup indah, tapi jika di perhatikan lebih seksama, kita akan melihat kain lap yang diletakn sembarangan. Karena adanya kain lap tersebut, maka keindahan yang ditampilkan jadi berkurang.

270620111379

Jika biasanya tempat parkir berada di depan ataupun di belakang bangunan, tapi disini diletakan di tengah-tengah bangunan. Hal ini dilakukakan agar pengunjung bisa melihat sekitar dahulu sebelum memutuskan untuk memilih makan di sebelah mana.

270620111378

Di sini juga terdapat musholla yang cukup bagus. Pada bangunan ini juga sama seperti bangunan yang lainnya, sama – sama tidak menggunakan dinding. Hal ini dilakukan agar kita dapat beribadah dengan khusyuk dikarenakan suasana yang sejuk.

270620111387

Tidak hanya di depan, di bagian belakangnya juga terdapat ruangan besar yang dikhususkan hanya sebagai tempat barang – barang unik yang dimiliki oleh si pemilik.

Sekian dulu pengalaman saya saat berada di “Joglo Dau rumah makan dan galeri” yang berada di Sengkaling Malang.

Advertisements