walaupun dah lama g nulis, tapi g perlu basa – basi lagi ya. .
kali ini saya hanya ingin menunjukan hasil analisa saya dan teman-teman saya terhadap bangunan pertokoan, tapi yang dianalisa hanya bagian pencahayaannya sj. Tugasnya hanya sebatas itu sih… hahahaha…….

Langsung j ok!!

Objek yang kami ambil untuk dianalisa yaitu bangunan warung Nasi uduk Cak Bejo. Lokasinya bertempat di Jl. Bendungan Sigura gura Kav IV, Malang

1810201183211124102011846

Site Plan

2011-11-09 20h00_13

Dari site Plan dapat diketahui bahwa bangunan tersebut mempunyai dua orientasi yang dapat di optimalkan.

Orientasi yang mengarah ke utara menjadi orientasi utama bagi bangunan, ditambah lagi adanya jalan raya pada bagian utara membuat orientasi tersebut memiliki potensi yang tinggi untuk dapat dilihat dari jalan raya. Akibat dari posisi tersebut bangunan dapat menarik perhatian pengguna jalan untuk singgah ditempat tersebut.

Orientasi yang kedua mengarah ke bagian barat dan berhadapan langsung dengan gang. Orientasi tersebut memiliki potensi yang cukup baik, walaupun tidak sebagus orientasi bangunan yang utama. Dengan adanya Gang pada bagian barat bangunan, potensi untuk menarik perhatian penggunjung akan meningkat.

Layout Plan

image

Denah sebelah kiri gambar menunjukkan lantai 1. Pada lantai 1 Akses masuk utama terletak didepan bangunan dengan sirkulasi pengunjung ditunjukkan dengan arah panah. Untuk akses tangga ke lantai 2, berada disebelah tempat minuman dan mesin minuman, dibagian belakang bangunan.

Untuk gambar disebelahnya adalah denah lantai 2. Begitu kita menaiki tangga ke lantai 2 disebelah kanan tangga terdapat WC dan Gudang. Sirkulasi pengunjung ditunjukkan dengan arah panah. Pengunjung dilantai 2 juga bisa mengakses balkon yang terdapat di bagian depan dan kanan bangunan pada lantai 2.

imageclip_image001[3]

imageclip_image001[5]

Pencahayaan Alami

Setelah beberapa review di atas, sekarang kita langsung menuju ke analisa pencahayaannya.
gambar-gambar yang ada dibawah ini berturut-turut pada jam 09.00 , 12.00 , 15.00

image

Posisi matahari berada dibelakang bangunan, sehingga panas yang datang tidak jatuh dibagian depan bangunan. Namun, pencahayaan alami dapat diterapkan dengan adanya pantulan radiasi matahari pada perkerasan yang terdapat di sekitar bangunan.

image

Cahaya matahari mulai masuk kedalam bangunan secara langsung melalui bukaan pada bagian barat bangunan. Untuk mencegah masuknya panas secara berlebihan maka digunakan kanopi yag transparan, sehingga cahaya masih dapat masuk walaupun sinar matahari dihalangi oleh kanopi.

image

Cahaya matahri mulai berfokus pada bagian barat bangunan, menyebabkan panas yang datang langsung masuk kedalam bangunan. Untuk mengurangi cahya yang masuk, bangunan tersebut memanfaatkan bangunan disekitar untuk menghalangi panas, sehingga cahaya matahari yang datang tidak seluruhnya masuk kedalam bangunan.

Segitu dulu yaa. . untuk detailnya di postingan selanjutnya.
ngantuk nih. .

Advertisements